Sabtu, 18 Juni 2016

Lee Chong Wei


Lee Chong Wei adalah atlet badminton asal Malaysia yang lahir tanggal 21 Oktober 1982, ia disebut-sebut sebagai atlet badminton terbaik Malaysia dengan segudang prestasinya. Prestasi Lee tersebut banyak dipengaruhi oleh ibunya Khor Kim Choi, karena Lee Chong Wei kecil pada awalnya menyukai permainan bola basket dan berniat untuk menekuni olahraga tersebut. Tetapi ibunya yang tidak suka melihat anaknya bermain bola basket di lapangan terbuka dengan sinar matahari yang menyengat kemudian meminta kepada ayahanda Lee untuk mengenalkannya pada olahraga badminton.

Dengan dukungan dari kedua orang tuanya Lee pun terjun ke dunia badminton professional pada tahun 2000. Meskipun pada awal kemunculannya Lee masih berada di bawah bayang-bayang kehebatan Taufik Hidayat yang lebih dulu terjun di dunia badminton professional pada tahun 1999. Tetapi perlahan tapi pasti Lee mulai bisa mengimbangi kekuatan Legenda Hidup Indonesia tersebut hingga mereka saling mengalahkan satu sama lain pada berbagai kejuaraan. Lee Chong Wei meraih hampir seluruh gelar superseries dan superseries premier kecuali 2 kejuaraan yang menjadi puncak dari olahraga tepok bulu yaitu gelar juara dunia (world championship) serta medali emas olimpiade.

Pada tahun 2012 Lee Chong Wei menikahi rekannya sesama pemain badminton dan temannya semasa kecil Wong Mew Choo. Hubungan antara 2 pebulutangkis Malaysia ini sebetulnya sempat menemui masalah saat Lee dikabarkan berselingkuh dengan pebulutangkis asal Korea Selatan Hwang Hye Youn. Namun setahun kemudian hubungan keduanya kembali membaik hingga mereka dikarunia seorang anak yang diberi nama Kingston. Segudang prestasi yang dimiliki oleh Lee sempat tercoreng karena kasus doping yang menimpa dirinya. Lee diputuskan bersalah karena penggunaan doping dan dihukum larangan bermain selama 8 bulan yang menyebabkan ranking dunianya turun drastis.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Seo Blogger Templates